Mengatasi dan memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat dan minta format

Mengatasi dan memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat dan minta format - Flashdisk merupakan sebuah alat hardware yang berfungsi sebagai tempat menyimpan file dan berkas untuk sementara. Alat ini biasanya dimiliki oleh anak sekolah dan mahasiswa dan juga orang kantoran, berbentuk kecil namun memiliki segudang manfaat dalam menyimpan dan mentransfer file baik itu hasil ketikan di ms.word, musik, video,film dan berkas-berkas lainnya.

Selain digunakan sebagai tempat menyimpan data, flashdisk juga sering dimanfaat kan oleh teknisi komputer sebagai alat untuk bootable windows xp,7,8 dan w10, dimana dengan hanya memakai flashdisk sudah dapat instal windows di komputer, sehingga pekerjaan teknisi lebih praktis dan efisien tanpa perlu menginstal ulang melalui dvd room atau menggunakan kaset cd.


Kendala atau masalah yang paling sering dihadapi bagi pengguna flashdisk yaitu, flashdisk mengalami corrupt atau tidak terbaca di computer sehingga laptop atau computer meminta diformat ulang dan lebih kesalnya flashdisk tidak dapat diformat karena write protected atau bisa saja dikarenakan virus berbahaya. Faktor inilah sering kali pengguna flashdisk menganggap bahwa FD sudah rusak, padahal masih ada cara bagaimana memperbaiki flashdisk yang tidak bias di format tersebut ditambah tanpa menggunakan alat atau software untuk mengatasinya.

Dan untuk mengakali dan mengatasi masalah diatas, berikut cara dan tips memperbaiki flashdisk tidak bias diformat dan minta diformat secara aman, tested berikut ini berlaku untuk semua merk flashdisk dan juga ukuran kapasitas 2 gb, 4 gb, 8 gb dst, dan usahakan memakai windows 7

1. Masukkan Flashdisk ke dalam port USB yang ada pada laptop/CPU.
2. Klik Start kemudian pilih RUN ( windows + r )
3. Setelah tampilan RUN muncul ketikkan "compmgmt.msc". Ketik tanpa tanda petik.
4. Setelah itu akan muncul program bernama "computer management" seperti pada gambar berikut :

5. Pilih storege yang berada di tengah setelah itu pilih disk management.
6. Di sini flashdisk anda akan terdeteksi.
7. Jika flashdisk anda sudah terdeteksi selanjutnya klik kanan pada flashdisk yang sudah terdeteksi tersebut.
8. Setelah itu pilih "create partition".
9. Lalu klik kanan pilih "format".
10. Pemformatan flashdisk anda telah selesai.

Bila cara diatas tidak bisa atau bagi anda yang memakai windows xp, berikut tutorial lanjutannya, cara memperbaiki flashdisk tidak bisa di format atau terkena write protected:

1. Tekanlah tombol window+R secara bersamaan;
2. Pilihlah perintah regedit kemudian enter;
3. Ketika muncul kotak dialog tekanlah Ctrl+F;
4. Ketiklah write protected pada kotak searching, kemudian pilihlah find next dan hapuslah segera saat menemukan keterangan write protected. Klik kanan lalu klik hapus;
5. Maka akan muncul dialog konfirmasi, tekanlah ok;
6. Dengan demikian write protected telah terhapus kodenya dan flashdisk Anda sudah berada di kondisi semula;
7. Tutuplah dialog registry editor dan cabutlah flashdisk Anda lalu restartlah komputer.

Mengatasi flashdisk minta format sendiri Lakukan Low Level Format
1. Cara ini dapat dilakukan jika perangkat Anda menggunakan produk Windows 7 atau 8. 2. Langkah untuk memulainya adalah dengan pergi ke bagian “run”, lalu ketikan “compamgmt.msc” (tanpa tanda petik).
2. Cari huruf flashdisk Anda. Jika ada di “E:” maka pilih yang ada di daftar tersebut. Selain itu, biasanya pada compamgmt sudah ada nama dari flashdisk Anda.
3. Selanjutnya Anda tinggal mem-format flashdisk dengan file tipe FAT32 hingga selesai.
4. Lepas dan pasang kembali flashdisk. Jika berhasil, USB drive Anda tidak akan kembali meminta format.

Gunakan CMD
1. Seperti cara pertama, Anda harus mengetahui dulu huruf dari flashdisk yang ingin dieksekusi. Misalnya, “flashdisk E:”.
2. Selanjutnya masuk ke mode “run” lalu ketikan kata “cmd”.
3. Selanjutnya akan muncul command dengan ciri khas background hitamnya. Anda bisa mengetikan perintah pada kolom tersebut. Dalam masalah ini, ketikan kata “format E:” atau “format [huruf:]”. Tunggu hingga proses selesai.
4. Selanjutnya lepaskan dan masukan kembali flashdisk Anda ke perangkat komputer.
5. Jika sudah tidak lagi meminta format, maka Anda berhasil dengan cara ini.

Saya rasa tutorial pertama dan kedua sangat lah mudah untuk dilakukan, dan apabila cara diatas tidak berhasil, ada satu cara lebih ekstrem yaitu menjadikan flashdisk sebagai bootable install windows, dilain waktu akan saya utarakan bagaimana cara membuatnya. Demikian pembahasan memperbaiki flasdisk tidak bisa di format dan meminta format sendiri diatas, semoga bagi rekan sahabat yang sedang mencari tutorial ini dapat terbantu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi dan memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat dan minta format